Uncategorized

5 Bahan Berbahaya Pada Kosmetik dan Skincare yang Perlu Kamu Tahu

Blitar Info – Suka pakai make up atau gonta ganti skincare?

Kamu harus selalu wasapada nih kandungan yang ada di dalam make up atau skincare. Bahan berbahaya pada kosmetik dan skincare ini sudah pasti punya dampak buruk pada kulit wajah.

Dampak negatif ini ada yang langsung bisa diketahui tapi ada juga yang menimbulkan efek setelah beberapa tahun pemakaian.

Bahan-bahan berbahaya pada kosmetik dan skincare ini setidaknya perlu kamu ketahui dan jangan lupa untuk diingat-ingat ya!

1. Paraben 

Paraben jadi bahan kimia yang paling banyak digunakan dalam produk kosmetik. Hampir semua produsen kosmetik dan skincare menggunakan konsentrasi paraben 0.3% atau lebih rendah untuk produknya.

Menurut penelitian dai Harvard University penggunaan paraben dalam waktu lama akan memperngaruhi tingkat kesuburan selain itu penggunaan paraben ini dikhawatirkan menyebabkan kanker payudara.

2. Hidrokinon
 

Coba cek apakah krim wajah milikmu memiliki kandungan hidrokinon. Jika iya kamu harus cepat-cepat menghentikan pemakaiannya, zat ini tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut.

Hidrokinon ini sangat sering disalahgunakan sebagai bahan krim pemutih kulit. Pemakaian hidrokinon ini efeknya menyeramkan mulai dari hiperpigmentasi sampai kerusakan DNA di kulit.

3. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) 

SLS biasa ditemukan di produk perawatan tubuh seperti sampo dan sabun bahkan ada juga di pasta gigi. Sodiu Lauryl Sulfate ini dikhawatirkan menyebabkan peradangan kulit.

Kamu yang punya kulit lumayan sensitif lebih baik membeli produk yang tidak mengandung SLS. Produk sabun dan sampo yang tidak menggunakan SLS ini bisa ditemukan di produk mandi bayi. Kalaupun menggunakan SLS coba perhatikan berapa persen kandungannya ya.

4. Phthalates 

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui efek samping dari Phthalates dan ternyata kandungannya dikhawatirkan meningkatkan risiko kanker payudara.

Biasanya bahan ini bisa ditemukan di cat kuku, parfum, lotion, dan hair spray.
Phthalates ini juga digunakan sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk plastik daur ulang. Jadi coba lebih hati-hati melihat label komposisi setiap membeli produk kecantikan.

5. Petroleum Distillates

Petroleum Distilates ini adalah bahan yang diekstrak dari minyak bumi.
Bahan ini dinyatakan bisa meningkatka risiko kanker, produk kosmetik yang menggunakan Petroleum Distillates ditemukan dalam produk maskara.

Buat kamu yang punya mata sensitif harus berhati-hati saat memilih maskara karena sampai saat ini masih ada produk yang menggunakan kandungan ini.

Related posts

Komponen iPhone 7 Dibanderol Dengan Harga Kurang Dari Rp 3 Juta

Blitar Zone

Apakah Bulan Rajab Baik Untuk Menikah?

Helga Sanjaya

Acer Liquid E700 dan Z200, Android KitKat dengan Tiga Slot Kartu

Blitar Zone

Leave a Comment