Healthy

6 Hal Tentang Kebersihan dan Kesehatan Telinga

  • Ear candle tidak baik untuk telinga

Ear candle yang dianggap sebagai cara alternatif untuk membersihkan telinga. Faktanya, hingga kini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa cara ini aman dilakukan.

Terapi ini justru sangat berisiko melukai telinga Anda saat lilin melelah dan masuk ke dalam telinga. Serpihan debu dari lilin juga bisa menambah penumpukkan kotoran di telinga. Akibatnya, kotoran akan semakin banyak dan menyebabkan penyumbatan.

  • Infeksi telinga bisa menyerang orang dewasa

Dibanding anak-anak, orang dewasa lebih jarang terkena infeksi telinga bagian tengah (otitis media). Pasalnya, orang dewasa memiliki tabung eustachius yang lebih panjang daripada anak-anak sehingga lebih sulit untuk terkena infeksi. Biasanya penyakit ini mudah menyerang orang yang terkena flu, pilek, atau sinusitis parah.

Jika penyakit ini terjadi pada anak, dokter akan memberikan obat tetes telinga maupun antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Namun infeksi telinga pada orang dewasa, dokter akan menunggu selama beberapa hari dan check up kembali. Biasanya gejala infeksi telinga pada orang dewasa akan hilang dengan sendirinya. Jika tidak, barulah dokter memberikan obat untuk mengatasi infeksi telinga.

  • Telinga berdenging dan terasa penuh? Kunyah permen karet

Berada di dalam kabin pesawat yang bertekanan tinggi dapat membuat telinga terasa penuh sehingga suara terdengar lebih redam. Anda juga mungkin merasakan nyeri telinga selama penerbangan panjang.
Cara mengatasinya cukup dengan mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet merangsang tabung eustachius melakukan gerakan tutup buka sehingga tekanan udara dalam telinga dapat diseimbangkan kembali. Maka selalu siapkan permen karet dalam tas Anda sebelum boarding pesawat.

Selain mengunyah permen, menguap dan menelan juga bisa membuat tabung eustachius menutup dan membuka. Jika tekanan pada telinga terus terjadi dalam beberapa jam disertai rasa nyeri dan pusing, segera periksa kesehatan telinga Anda ke dokter.

Related posts

Siasat Makan Hemat di Restoran Favorit Saat Tanggal Tua

Blitar Zone

Bahaya Aspirasi ke Paru-Paru

Blitar Zone

Sabun Bayi Tidak Boleh Dipakai Orang Dewasa Meski Punya Kulit Sensitif

Blitar Zone

Leave a Comment