Beauty

8 Tips Melindungi Kesehatan Kulit Saat Berenang

  • Berenang di pagi hari atau sore hari

Cara paling masuk akal untuk menghindari paparan sinar ultraviolet memang menghindari waktu matahari sedang terik-teriknya, which is antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Beberapa riset menyebutkan bahwa tingkat testosteron kita memuncak di pagi hari sehingga tubuh kita lebih siap berolahraga dan membuat tubuh kita lebih terasa berenergi sepanjang hari.

Selain itu, di pagi hari biasanya kolam pun relatif masih sepi sehingga kamu lebih bebas melakukan lap tanpa harus khawatir tabrakan dengan orang lain. Yang penting jangan lupa pemanasan agar otot tidak kram. Begitupun dengan berenang di sore hari, selain lebih sejuk, temperatur otot pun sedang berada di puncak sehingga energimu bisa bertahan lebih lama.

  • Memakai tabir surya 20-30 menit sebelum masuk ke air

Saat memilih tabir surya, yang perlu diperhatikan adalah tingkat SPF (Sun Protector Factor) yang terkandung di dalamnya. Umumnya yang ada di pasar adalah SPF 30 untuk penggunaan sehari-hari dan SPF 50+ untuk aktivitas outdoor yang lebih intens. Banyak orang yang memakai tabir surya ketika mereka sudah memakai pakaian renang dan siap masuk ke air, padahal yang dianjurkan adalah memakai tabir surya dahulu ke sekujur tubuh sebelum memakai pakaian renang untuk menjamin semua bagian tubuh sudah terlindungi karena tak jarang sinar ultraviolet masih bisa menembus pakaianmu. Jangan lupa juga untuk memakai tabir surya di wajah dan bagian yang sering terlewat seperti telinga, punggung tangan, punggung kaki, dan belakang leher.

  • Memakai lagi tabir surya setiap 40-80 menit sekali saat berenang

Nilai proteksi tabir surya akan menurun seiring waktu. Karena itu jangan lupa untuk memakainya lagi setiap 40 sampai 80 menit sekali. Tabir surya water-resistant biasanya punya kandungan SPF yang ampuh selama 40 menit, sedangkan tabir surya waterproof bisa bertahan hingga 80 menit. Puas berenang namun masih ingin berjemur? Sebelumnya, oleskan kembali tabir surya saat kamu keluar dari air dan mengeringkan tubuh dengan handuk.

Related posts

Tips Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami

Blitar Zone

Tips Merawat Kaki di Musim Hujan

Blitar Zone

Tips Menghilangkan Minyak Diwajah Secara Natural

Blitar Zone

Leave a Comment