Kenali 4 Manfaat Maksimal Jaringan Bluetooth

0 4

Bluetooth merupakan teknologi yang sangat banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan elektronik, utamanya sebagai penghubung alat elektronik tampa kabel yang mulai ramai pakai oleh para pengguna elektronik dizaman sekarang. Hal tersebut sejalan dengan kebutuhan konsumen yang tidak mau dibuat ribet.

Jaringan Bluetooth merupakan perangkat teknologi komunikasi data tanpa kabel atau wireless yang bermanfaat sebagai penyalur tukar-menukar data antara beberapa perangkat elektronik, seperti headset, mobile PC, printer, router, kamera dan sebagainya.

Kehadiran Bluetooth tersebut akan mampu mengatasi kendala komunikasi data antara beberapa prangkat elektronik yang lebih dahulu hadir. Selain itu kehadiran bluetooth juga dapat mengatasi alat-alat yang dulunya terhubung dengan kabel bisa tetap beroperasi tanpa kabel.

Untuk cara kerjanya sendiri, saat perangkat tersebut diatifkan maka Bluetooth akan secara otomatis medeteksi perengkat lain yang ingin disandingkan kemudian disetujui oleh pemilik perangkat. Bekerja menggunakan frekuensi radio, dimana gelombang radio tersebut berfungsi untuk mengirim atau menerima data lainnya dengan frekuensi yang berada diantara 2.402 GHz hingga 2.480 GHz.

Selain itu, penggunaan Bluetooth dapat menghubungkan sampai delapan perangkat yang berbeda serta dilengkapi sinyal yang amat kecil yang memungkinkan tidak akan berpengaruh bagi kinerja perangkat lain, penggunaannya sendiri akan lebih aman kalau dibandingkan dengan jarigan yang semisalnya seperti jaringan WiFi.

Nah, untuk manfaat dari jaringan bluetooth sendiri mungkin tidak asing lagi diantaranya ialah:

1. Memungkinkan mengirim dan menerima data 

Fungsi utama dari jaringan ini yaitu untuk mengirim dan menerima sejumlah data atau file dari beberapa perangkat. Seseorang akan dapat mengirim berbagai file seperti gambar, video, musik, aplikasi serta data lainnya tanpa menggunakan kabel.

Dapat terhubung dengan keyboard dan mouse wireless

Keberadaan perangkat keras yang penggunaannya tampa kabel yang semakin beredar luas dan semakin banyak digunakan seperti mouse dan keyboard wireless. untuk menghubungkan antara kedua perangkat tersebut harrus menggunakan jaringan Bluetooth sehingga semakin memudahkan penggunanya dalam bekerja.

2. Dapat terhubung dengan printer

Penggunaan jaringan Bluetooth yang dapat terhubung dengan printer akan semakin memudahkan seseorang untuk mencetak dokumen atau file yang di inginkan. Dan pemiliknya tidak harus di repotkan dengan memasang kabel ketika akan mencetak dokumen

3. Dapat bekerja sebagai modem

Bagi Anda yang hobi mengakses sosial media pemanfaatan jaringan Bluetooth sangat cocok untuk digunakan cukup dengan lakukan setting pada komputer makan akan bisa terhubung langsung dengan internet melalui media bluetooth.