Membuat Konfirmasi Pembayaran dengan Contact Form7

0 23

Apakah anda saat ini sedang memiliki website untuk bisnis online yang menawarkan jasa atau berjualan sesuatu? Jika iya, maka Anda akan membutuhkan yang namanya formulir konfirmasi pembayaran di website Anda.

Pada tutorial kali ini, saya akan melanjutkan dari tutorial sebelumnya yaitu Cara install Contact Form 7 . Sekarang saya akan membuat contoh penggunaan contact form 7 untuk membuat Formulir Konfirmasi Pembayaran online di situs WordPress Anda, semoga dengan adanya formulir ini, membantu memudahkan klien Anda ketika ingin mengkonfirmasi pembayaran yang sudah dilakukan.

Untuk membuat Form dengan Contact Form 7 ini selain menginstall Plugin tersebut juga disarankan menginstall plugin Contact Form DB & Contact Form 7 Datepicker

Cara Membuat Formulir Konfirmasi Pembayaran

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Masuk dashboard dan klik menu Contact -> Add New -> Ketikan nama Form

Buat Field baru untuk kolom informasi yang akan diminta dari pelanggan seperti kolom : Nama – Email – No. Invoice – Jumlah Bayar – Bank – Pemilik – Tanggal Bayar – Pesan – Submit

Berikut cara generate Field Text dan Drop Down menu, karena yang lainnya saya anggap bisa jadi saya memberikan 2 contoh generate tersebut seperti gambar dibawah ini :

Untuk yang terblok biru kopikan ke kolom form sebelah kiri dan untuk tag yang dibawahnya pastekan di Message body dibawahnya.

Dan berikut ini adalah pengaturan untuk email notifikasi yang akan diterima oleh pemilik website dan salinan konfirmasi untuk si pengirim :

Dan itulah cara pembuatan formulir konfirmasi pembayaran telah selesai, untuk melihat bagaimana cara mengcopy tag agar tampil di website lihat postingan sebelumnya di Cara install Contact Form 7