Bird Lovebird

Mengatasi burung lovebird over birahi

BlitarZone – Over birahi merupakan akibat libido meningkat untuk berkembang biak, untung burung yang siap di konteskan biasanya sangat menganggu jika burung over birahi. Berbeda dengan burung yang untuk ternak over birahi sangatlah membantu proses perkawinan.

Ciri-Ciri burung lovebird over birahi :

1. Burung lebih sering mengawin pangkringan (burung lovebird jantan)
2. Burung lebis sering membuka-buka sayap atau sering di disebut mesawat (burung lovebird betina)
3. Burung mengalami macet bunyi atau tidak mau berbunyi seperti biasanya.

Over birahi bisa terjadi di hampir semua jenis burung, dan tanpa mengenal waktu bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Berikut cara mengatasi burung lovebird over birahi :

  • Meningkatkan frekuensi mandi burung

Memandikan burung selain bisa untuk membersihan bulu burung yang kotor, bisa juga untuk mengatur birahi burung. Waktu memandikan burung yang baik adalah (pagi) sebelum matahari keluar, (sore) setelah matahari agak condong ke barat sekitar puluk 15.00. Sedangkan durasi mandi juga bisa di tingkatkan, apabila sebelumnya 15menit ketika burung over birahi 30menit atau lebih. Mandi malah juga berkasiat untuk menurunkan over birahi burung, mandi malah bisa di lalukan sekitar jm 21.00-23.00, bisa di sesuaikan juga keaibukan masing-masing.

  • Pemberian sayur di stop dulu

Pada saat burung lovebird over birahi sebaiknya pemberian sayu kangkung,kwaci dan jagung muda di stop terlebih dahulu karena jenis sayuran tersebut memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan birahi burung lovebird.
untuk sementara bisa diberi multivitamin ebood vid sesuai takaran (3tetes dalam satu hari dan sebaiknya di ganti setiap hari, di sarankan air minum yang sudah tercampur ebood vit terkena sinar matahari secara langsung.

  • Penjemuran dan pengembunan yang teratur.

Pengembunan sebaiknya dilakukan pada waktu fajar atau sebelum matahari terbit karene pada waktu itu akan terjadi perubahan pro vitamin D menjadi vitamin D yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh burung, pengembunan dan penjemuran sebaiknya di lakukan sampai jm 09.00 karena setelah jam tersebut sinar matahari sudah terlalu panas sehinga dapat merusak bulu burung, cara tersebut sebaiknya di lakukan samapi 2 bualan.

  • Memasukan burung kedalam kandang polier (umbaran).

Memasukan burung ke dalam kandan umbaran bisa sangat membantu menurunkan over birahi pada hampir semua burung tanpa terkecuali burung lovebird, manfaat dari kandang umbaran (polier) tidak hanya untuk menurunkan birahi burung, dengan memsukan burung kedalam kandang umbaran burung dapat bergerak lebih leluasa atau bebas.

Related posts

Waktu Memaster Lovebird Yang Paling Baik dan Efektif

Blitar Zone

Tips Cara Mengatasi Lovebird Yang Sering Ngeruji

Blitar Zone

Cara Membedakan Jenis LoveBird Jantan Dan Betina

Blitar Zone

Leave a Comment