Healthy

Rahasia mencegah darah tinggi jika Anda keturunan hipertensi

Sebuah studi terbitan jurnal Hypertension menyebutkan bahwa risiko darah tinggi menurun hingga 34% pada orang-orang keturunan hipertensi yang berhasil menjaga tubuhnya tetap bugar, ketimbang mereka yang jarang olahraga. Jaga berat badanBerat badan Anda bisa memengaruhi tekanan darah Anda. Maka sebaiknya mulai turunkan berat badan jika berat Anda berlebih. Menurunkan berat badan adalah cara terbaik untuk mencegah darah tinggi muncul di masa depan.

Berhenti merokok dan batasi miras.Rokok adalah penyebab penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung, yang seringnya disepelekan. Nikotin dalam rokok dapat merangsang kerja saraf otak berlebihan memproduksi hormon tertentu yang mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah Anda. Dalam jangka panjang, nikotin dapat merusak pembuluh darah secara permanen. Jika Anda kesulitan berhenti merokok, segera konsultasi ke dokter untuk mencari solusi yang paling tepat dan efektif.

Minum minuman beralkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah. Di sisi lain, kebanyakan minum alkohol juga ikut menambah beban kalori dalam tubuh yang dapat menyebabkan berat badan naik. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengurangi minum miras dapat menurunkan tekanan darah sistolik hingga 3 mm Hg.

Jangan biarkan stres menggangguStres dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara. Namun jika dibiarkan terus menumpuk dan tidak diatasi, kadar hormon stres berlebih dalam tubuh lama kelamaan bisa memicu hipertensi.

Maka dari itu, segeralah atasi stres Anda sebelum benar-benar menggerogoti badan dan pikiran. Ada banyak cara murah meriah untuk menghilangkan stres. Mulai dari olahraga, mendengarkan musik, menonton film, meditasi di tempat tenang, atau tidur siang.

Related posts

Cara Mengobatinya Bibir Terasa Panas

Blitar Zone

Mau Sehat? Lakukan 4 Jenis Latihan Ini

Blitar Zone

Siasat Makan Hemat di Restoran Favorit Saat Tanggal Tua

Blitar Zone

Leave a Comment