Uncategorized

Raih 7 Manfaat di Balik Hijaunya Green Tea Bagi Kesehatan

Teh matcha atau dikenal dengan Green Tea belakangan semakin populer.
Masyarakat juga lebih senang mengonsumsinya dengan resep latte atau dicampur dengan susu.

Si hijau tersebut seringkali menjadi minuman favorit yang dipesan di berbagai kedai kopi.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (16/11), teh matcha sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Teh matcha berasal dari tanaman, Camellia Sinensis. Teh ini adalah teh hijau yang sudah dinikmati di Jepang dan China selama ratusan tahun. Daun teh tersebut dibuat menjadi bentuk bubuk.

Petani menanamnya dengan menutup tanaman teh selama 20 hingga 30 hari sebelum panen untuk menghindari sinar matahari langsung.

Cara itu meningkatkan kandungan asam amino dan produksi klorofil yang memberi warna hijau gelap pada tanaman.

Sehingga membuat daun lebih lembut, lebih manis dan lebih cerah.

Setelah panen, daun teh dengan cepat dikukus, dikeringkan dan dipanaskan dalam oven selama 20 menit. Kemudian para petani melepas batang, ranting dan menggiling daun menjadi bubuk.

Setelah itu, teh matcha bisa dikonsumsi dan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Tangkal Radikal Bebas

Teh matcha kaya antioksidan alami, terutama katekin senyawa tumbuhan dalam teh. Senyawa alami ini membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya yang merusak sel. Ketika bubuk matcha ditambahkan ke air panas, teh melepaskan semua nutrisi termasuk antioksidan ke dalamnya. Jumlah katekin dalam matcha adalah 137 kali lebih banyak dibandingkan jenis teh hijau lainnya.

Melindungi Jantung

Minum teh matcha dapat melindungi jantung atas penyakit jantung, penyebab utama kematian di dunia. Teh matcha menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL).
Minum teh matcha bersama dengan diet sehat akan menjaga jantung sehat.

Melindungi Hati

Hati memainkan peran penting dalam membuang racun dan memproses nutrisi. Minum teh matcha dapat melindungi hati dari lemak dan secara signifikan mengurangi enzim.

Mencegah Kanker

Teh matcha mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), sejenis catechin dan polifenol, antioksidan lain yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat, kulit, paru-paru, dan hati.

Meningkatkan Fungsi Otak

Teh matcha meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan daya fokus, memori, dan waktu reaksi yang lebih cepat. Konsumsi 2 gram serbuk teh matcha selama 2 bulan setiap hari meningkatkan fungsi otak pada orang tua.

Menurunkan Berat Badan

Matcha mempercepat proses penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Minum teh matcha selama olahraga meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen.

Kesehatan Gigi

Secangkir teh matcha akan menjaga gigi tetap sehat. Ini karena sifat antibakterinya yang menekan pertumbuhan bakteri jahat di mulut. Jadi, minum teh ini bisa menjaga gigi dan gusi bersih dan segar.

Related posts

Analysts: Apple to lower iPhone XR production further

Blitar Zone

Cara mengurangi setengah penggunaan mobile data

Blitar Zone

OJK Minta Bank dan Lembaga Jasa Keuangan Gandeng Fintech

Denada Dea

Leave a Comment