Tips

Tips Cara Mengatasi Lovebird Yang Sering Ngeruji

BlitarZone – Salah satu kebiasaan buruk burung paruh bengkok yang satu ini adalah perilaku ngeruji. Tingkah laku lovebird yang satu ini sangatlah menjengkelkan terutama untuk kicau mania yang menyukai perlombaan. Jika pada saat lomba terlihat ngeruji bahkan sampai turun kebawah saat digantangan maka akan menggangu perlombaan karena bisa mengurangi nilai penjurian dan lovebird yang ngeruji pasti akan cenderung asik bermain dan tidak bisa ngekek maksimal.

Love bird ngruji/ngebatman itu biasanya terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah karena lovebird tersebut masih paud atau belum cukup umur. Penyebab utama lovebird prospekan ngeruji adalah karena lovebird yang masih muda atau bakalan ini sering digantang dan di jejer dengan lakbed dewasa sehingga membuat mentalnya ngedrop.

Selain itu, Lb dewasa yang sudah berumur mapan juga sering sekali ngeruji bahkan sampai turun kebawah tangkringan, ada juga yang sampai menggigit sangkar hingga ngekek panjang karena Over birahi. Untuk itu kita harus mengetahui karakter burung lovebird yang akan kita bawa untuk mengikuti perlombaan. Pastikan perawatan harian nya sesuai dengan kondisi burung agar bisa tampil maksimal dengan setelan birahi yang pas.

Bagi lovebird mania yang mengalami hal tersebut. Berikut ini saya berbagi sedikit pengalaman mengenai tips dan trik cara perawatan dan penanganan untuk mengatasi lovebird yang suka ngeruji bahkan sampai turun kebawah agar bisa tetap tenang dan anteng di tangkringan. Mungin bisa sedikit meminimalkan lovebird yang ngruji, hasil yang didapatkan akan berbeda beda pada setiap burung tergantung karakter dan ketekunan perawatan hariannya.

Bagaimana cara mudah mengatasi lovebird yang suka ngeruji? Mungkin banyak sekali lovebird lover yang bertanya mengenai hal tersebut. Pada dasarnya burung lb adalah burung kicau yang suka bermain. Ada beberapa faktor perawatan yang kurang baik yang menyebankan hal tersebut. Berikut kita simak tips dan trik pola perawatan dan penanganan yang baik seperti di bawah ini :

Cara Mengatasi Lovebird yang suka Ngeruji

  • Makanan
    Untuk sementara cukup kasih milet putih aja dulu selama satu atau dua minggu, setelahnya mulai kasih jagung satu kali seminggu.(Yang mau timun bisa dikasih timun dua atau tiga kali dalam satu minggu)
  • Pengembunan Pagi hari
    Lovebird sebaiknya diembunkan pada saat pagi hari, jam 5 atau 05.30 sampai matahari terbit (sebelum dimandikan). Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penurunan birahinya,
  • Mandi dan Jemur
    Mandi rutin tiap pagi basah kuyup. Selama Seminggu atau dua minggu gak jemur dulu cukup dianginkan. Setelah seminggu atau dua minggu setelah mandi bulunya kering baru dijemur. Lamanya penjemuran mulai dari 10 menit tiap hari ditambah waktunya 5 menit
  • Waktu Penyimpanan
    Saat siang hari tidak usah dikrodong, digantang agak rendah yang penting tidak melihat lovebird lain langsung, tapi kalau cuma dengar suaranya tidak masalah
  • Sore/malam
    Selepas waktu maghrib atau setelah jam 6 sore burung disemprot agak basah dadanya, gak usah basah kuyup ga papa cukup dianginkan 5 menitan langsung krodong (gak usah denger masteran dulu biar prosesnya cepet).

Demikian beberapa cara mengatasi lb yang suka ngeruji. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts

Cara Perawatan Lovebird Over Birahi

Blitar Zone

Selain Pengaruhi Ekosistem Satwa, Ini Dampak Buruk Polusi Cahaya

Blitar Zone

Jenis Penyakit dan Cara Pengobatan Penyakit Pada Lovebird

Blitar Zone

Leave a Comment