Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Desain Istana Negara Baru, TSMC, iPhone 13

0 7

Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang gambar rancangan Gedung Istana Negara baru di Kalimantan Timur dari Nyoman Nuarta yang beredar di media sosial ada dua versi. Ada yang kepala burungnya menunduk, juga ada yang menoleh ke samping seperti lambang negara Burung Garuda. Pose terbaru di video dalam akun media sosial pematung itu pada 26 Maret 2021 adalah yang menoleh.

Berita terpopuler selanjutnya tentang produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) berencana menginvestasikan US$ 100 miliar (Rp 1.451 triliun) selama tiga tahun ke depan. Investasi ini untuk meningkatkan kapasitas di pabriknya dan memenuhi permintaan chip yang tinggi.

Selain itu, jajaran iPhone 13 masih beberapa bulan lagi dari peluncurannya, tapi bocoran spesifikasinya sudah tersiar. Informasi terbaru datang dari analis terkenal Ming-Chi Kuo, yang membeberkan sedikit tentang kamera pada model iPhone generasi baru itu.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Desain Istana Negara Nyoman Nuarta, Burung Garuda Menunduk dan Menoleh

Gambar rancangan Gedung Istana Negara baru di Kalimantan Timur dari Nyoman Nuarta yang beredar di media sosial ada dua versi. Ada yang kepala burungnya menunduk, juga ada yang menoleh ke samping seperti lambang negara Burung Garuda. Pose terbaru di video dalam akun media sosial pematung itu pada 26 Maret 2021 adalah yang menoleh.

Nuarta mengakui, desain awal bangunan Istana Negara berbentuk burung dengan kepala menghadap ke depan. “Kemudian saya revisi menghadap kanan supaya dari jauh siluetnya tetap bagus,” katanya, Kamis, 1 April 2021. Dia beralasan waktu pembuatan desainnya sangat singkat.

Keterlibatannya dalam perancangan Istana Negara di Ibu Kota baru saat diundang rapat koordinasi persiapan sayembara Istana di kawasan inti pusat pemerintahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Waktunya sesuai isi surat undangan pada Kamis, 27 Februari 2020. Total tertera 21 orang yang diundang, 11 di antaranya dari instansi pemerintah.

2. Permintaan Chip Tinggi, TSMC Berencana Investasi Rp 1.451 Triliun

Produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) berencana menginvestasikan US$ 100 miliar (Rp 1.451 triliun) selama tiga tahun ke depan. Investasi ini untuk meningkatkan kapasitas di pabriknya dan memenuhi permintaan chip yang tinggi.

Dikutip Reuters, Kamis, 1 April 2021, pelanggan TSMC termasuk merek-merek besar seperti Apple dan Qualcomm. Rencana perusahaan itu diumumkan hanya beberapa hari setelah Intel juga mengumumkan akan menghabiskan US 20 miliar untuk memperluas produksi chipnya.

Perusahaan asal Taiwan itu sebelumnya telah menyatakan akan berinvestasi antara US$ 25-28 miliar tahun ini untuk mengembangkan dan memproduksi chip canggih.

3. iPhone 13 Dilaporkan Pakai Lensa Ultra-wide yang Sama dengan iPhone 12

Jajaran iPhone 13 masih beberapa bulan lagi dari peluncurannya, tapi bocoran spesifikasinya sudah tersiar. Informasi terbaru datang dari analis terkenal Ming-Chi Kuo, yang membeberkan sedikit tentang kamera pada model iPhone generasi baru itu.

Kuo mencatat bahwa iPhone 13 kemungkinan hadir dengan lensa ultra-wide yang sama dengan model iPhone 12 saat ini. Artinya, jajaran iPhone 13 mungkin tidak memiliki peningkatan besar apa pun di bagian kamera tersebut.

Laporam Kuo, pertama kali dikutip oleh MacRumors, Kamis, 1 April 2021, yang menunjukkan bahwa iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 mini dipasang lensa 7P. Itu merupakan lensa yang sama dengan bukaan f/1.6 seperti yang terlihat pada pendahulunya—iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 mini.